Jumat, 21 Desember 2012

FU2 : My Next Serious Distro

Asslamualaikum

Sebelumnya saya minta maaf, sudah lama tidak mengupdate isi blog ini karena kesibukan saya di sekolah akan tetapi saya terus mencoba untuk mencipta sesuatu yang berbeda dan akhirnya pada tanggal 21 Desember 2012 yang diisukan Ki Amat saya berhasil membuat Remasteran simple yang bernama FU2 (ForUbuntuUser) say : FUUS :3.



Saya membuat ini dengan mekroscek proyek saya yang gagal dari kualitas distro, isi app, ukuran file .iso, dll Mulai dari GoBlankon  yang terlalu banyak App dan menjadikannya file ISO-nya terlalu besar kemudian dilanjutkan dengan Pukis akan tetapi masih tidak bisa memenuhi kriteria distro yang saya mau terus dilanjutkan pula dengan Ubunyu tapi saya yang masih "NEWBIE" belum mampu menguasai Sistem Linux dan Hasilnya.... hanya sebagai sistem rescue bagi laptop saya saja :P.

Terus, saya teringat dari ukuran iso Ubuntu 12.04 LTS yang terhitung sudah melebihi 1 CD dan saya mencoba untuk mempelajari "Aplikasi apa yang di butuhkan dari para user kebanyakan sekarang??" dari situlah saya mencoba membongkar iso dari ubuntu 12.04 menggunakan UCK (Ubuntu Customization Kit) dan mengurangi paket-paket yang tidak diperlukan, icons, background, dan tema yang "dirasa" memenuhi file ISO (jangan kasih tahu ama Canonical yah wkwkwkwkwk :P), untuk app saya memercayakan Repo Kambing
(kambing.ui.ac.id)

Dan hasilnya .... :
1. Saya dapat memasukkan codec ubuntu LENGKAP :p
2. Dari proses installasi sampai reboot ulang terasa lebih cepat (ini dikarenakan saya menggunakan UCK yah ? )
3. Iso yang di dapat lumayan mengecil (kira-kira 613 mb-an)
4. Tidak menggurangi kecantikan Unity-nya ubuntu si trenggiling

Berikut beberapa scrinshut :
Installasi FU2 (Its Very Fast :) >10 minute <15 minute)
Si desktop FU2
Pastinya tahulah.... :P
Audacious pengganti Rhythmbox ....

Pengganti Libreoffice : Abiword dan Gnumeric
  

Ubuntu Tweak pastinya.....
Si Feminim "Unity"

Untuk mengunduhnya, saya sedang mengunggah-nya di Sourceforge tapi Hotspot-nya Lola sekaleeee...... (malah curhat --")

Jadi kesimpulan bagi diri saya sendiri adalah saya harus "Survei dulu, Baru buat" supaya tidak kecewa di belakangnya :) . AYO SEMANGAT wkwkwkwkwkwk

UPDATE :

FU2 SUDAH DAPAT DIDOWNLOAD!!!!!!ALAMATNYA  : Sourceforge.net

7 komentar:

  1. Saya berharap jadi manusia pertama yang beri support untuk Anda. Eh, ada juga satu orang yang bikin distro di Indonesia. Biasanya ini dibikin dalam tim.

    Saya sangat senang. Berkunjunglah ke blog saya. Saya ada beberapa saran untuk akang.

    Semangat ;)

    BalasHapus
  2. Terima kasih atas dukungannya saya akan terus berusahauntuk mencoba hal yang baru unutk distro saya ini :)

    BalasHapus
  3. Like.. F2 Your Distro
    Gan Saya Minta Tutorial Remasteringnya dooonk..
    please sharing your knowledge...
    Di Tunggu eaa...

    BalasHapus
  4. wiiih, saya sudah lama ingin ngeremaster tapi enggak sempet-sempet. Kalo boleh tau ngeremasternya pake aplikasi apa aja ya kang?

    kalo berkenan follow back dan kunjungi balik blog saya ya. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tenang saja saya sedang memproses artikel tentang remastering :)

      Hapus